Thursday, June 21, 2012

otoped mesin potong rumput




otoped bermesin dari mesin pemotong rumput 33.8cc tanaka ini adalah project yang sempat lama tertunda dan hampir jadi barang rongksok buat dikilo :) akhirnya selesai juga.




bagi siapa saja yang berminat membikin otoped bermesin seperti ini, saya akan sangat senang sekali membantu dan berbagi informasinya karena sayapun mendapatkan informasi ini dari browsing internet ( googling ) sehingga saya merasa wajib membagikannya kembali dan mudah - mudahan bermanfaat.




source link untuk referensi :
http://scooter.wikia.com/wiki/Projects
http://scooters.tziworld.com/
 http://www.gopednation.com/forum/forumdisplay.php?f=98

63 comments:

  1. Pak,
    saya pengin sekali membuat yg spt itu.
    yg saya tanyakan :
    1. itu menggunakan roda apa?
    2. itu menggunakan mesin pemotong rumput yg type apa?
    3. transmisinya gmn?

    mohon minta no. HP nya supaya bisa langsung tanya2

    terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal pak samsul,

      roda yg saya pakai bapa bisa liat disini http://www.tokorodajaya.com/roda-ban-angin-pneumatic/112-roda-karet-angin-pneumatic-wheel-only.html

      untuk mesinnya saya pakai mesin potong rumput tanaka 33cc two stroke (mesin pemotong rumput gendong 2 tak)

      transmisinya saya menggunakan cvt (continuously variable transmission) seperti yang di pakai motor matic (mio,vario,spin) tapi cvt ukuran kecil bukan cvt motor matic biasa

      semoga bermanfaat.

      Delete
  2. OK, terima kasih pak infonya,
    maaf mau tanya sekali lagi,
    CVT nya pake apa? apa memang khusus untuk otoped?

    terima kasih.

    ReplyDelete
  3. sama2 pak, cvt tersebut adalah cvt untuk motor mini Dan atv buatan china tetapi kalu di Indonesia saya belum pernah Lihat pak
    Untuk referensi http://scooter.wikia.com/wiki/Adapting_a_CVT_to_a_GSR40

    ReplyDelete
  4. Om mohon bantuannya. rasio gear depan belakang berapa ya? saya pakai mesin potong rumput 33cc setiap saya letakkan rodanya ga mau muter dan mesin mati. Mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal,
      btw langsung aja saya coba jawab pertanyaannya
      mohon dikoreksi apabila ada yang kurang. sebelum memilih atau menentukan rasio gear depan belakang ada beberapa faktor yg harus kita perhatikan diantaranya :
      - sistem transmisi
      - diameter ban
      - rpm (torsi) dari mesin

      dibawah ini ada link untuk mendownload software "ratio calculator" yang bisa digunakan untuk menetukan gear ratio yang akan dipakai pada otoped
      http://scooters.tziworld.com/progs/index.html

      semoga bermanfaat

      Delete
  5. gan share geometri rangka goped juga dong,biar kita yang mw bikin tinggal nyontek aja gak pake kira2,kayak derajat rangka ma komstir

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh kalu detail geometri rangka goped ane ga punya gan karena ane juga emang ga punya goped :D tapi pernah pake goped sport punya temen.
      kalu otoped punya ane ini emang meniru dari rangka goped, itu juga hasil dari kira2 aj :D
      basicnya dari goped sport tapi berubah jauh karena ukuran ban dan juga sistim tramisi mesin otoped yang dipakai emang berbeda.
      sekedar informasi otoped kepunyaan ane ini gan:
      - Wheelbase/Jarak Sumbu Roda (dari as roda depan sampe as roda belakang)780mm
      - komstir oversize sepeda bmx/mtb sudut/derajatnya 15 derajat
      - dek /pijakan kaki dari lekukan depan yg menjorok kedalam sampe ke roda belakang (bisa di liat dari foto otoped ane) jaraknya 425mm
      mudah-mudahan cukup membantu

      Delete
  6. bisa buatkan saya seperti hasil karya anda,kira2 berapa duit yah? thanks (oscar.its@me.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas tapi saya saranin bikin sendiri aja soalnya pasti lebih murah :)

      Delete
  7. mas saya tertarik sekali pgn bikin goped seperti punya sampean,kira kira modal untuk bikin goped sendiri berapa ya mas???untuk gear belinya dmn ya mas,apa ditoko variasi motor juga ada??ukuran ban pakek yg 8inc apa yg 10inc mas makasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mas, kalu bikin otoped seperti yg saya bikin (pakai cvt) modalnya bisa lebih dari 2 juta, kalu gear/sprocket saya pakai gear depan sepeda bmx plus rantainya juga. kalu mau pakai seperti bwt motor (ukuran rantai motor) coba cari di toko yg menjual bearing kalu di bandung sih bisa cari di cikapundung.
      ukuran ban yg saya pakai 10" sedankang velegnya ukuran 4" semoga cukup membantu.

      Delete
  8. makasi mas atas infonya cukup membantu sekali,bisa minta nomor hpnya mas biar saya bisa tanya tanya langsung gmn cara bikinya,kirim lwt email y mas,,makasi mas moga aja goped bisa exis di indonesia goo goo goo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. helmy ps:"mas saya masih penasaran nih,cvt yg sampean pake belinya dmn ya kira kira harganya berapa,,saya pesan dari sampean bisa kan mas???oh iya saya minta no hpnya mas..makasih"

      mas helmy contact sy ke email rifkinsan(at)gmail(dot)com atau langsung tanya-tanya di comment ini aja insyaallah saya pasti jawab :). cvt yg sy pake hampir sama dengan yg ada di link ini http://www.scooterpart.net/products.php?id=1307
      trus coba mas helmy pelajari link ini scooter.wikia.com/wiki/Adapting_a_CVT_to_a_GSR40
      otoped ga harus pake cvt tapi cvt bener2 mengagumkan :D
      kalu si mas mau pesan dari sy bisa aja cuma butuh waktu sebulanan soalnya sy ga stock harus import langsung, soal harga nanti sy emailkan ke si mas

      Delete
  9. makasi mas rifki zi infonya sgt membantu sekali,ok nanti saya hubungi

    ReplyDelete
  10. salam kenal mas rifki,,, Bisa kasih info harga n pemesana untuk CTVnyaa ....Kirim Kemailya mas.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mas eka, kalu si mas mau pesan dari sy bisa aja cuma butuh waktu sebulanan soalnya sy ga stock harus import langsung. email saya rifkinsan(at)gmail(dot)com kalu mau contact saya...

      Delete
  11. salam kenal mas rifky, saya dari dulu dah ngebet pengen buat goped cuma blm kesampean juga, kalo cvt diganti dengan rante ada efek gak mas ke tarikannya.. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mas, "kalo cvt diganti dengan rante ada efek gak mas ke tarikannya".. kalu menurut saya menggunakan rante langsung di sprocket itu malah membuat tarikannya lebih responsif asalkan saja mesin yang kita gunakan torsinya cukup / lebih dari yang dibutuhkan untuk menggerakan beban otoped dan pengendaranya, adapun alasan saya menggunakan cvt lebih dikarenakan kebutuhan saya untuk menggukan otoped di jalanan yang menanjak ( menutupi kelemahan mesin two stroke / 2tak yang kurang didalam hal torsi dibandingkan four stroke /4tak ).. semoga cukup membantu jawabannya..

      Delete
  12. Salam pak gaimna hendak memasang sproketnya di enjin mesin rumpt . Saya gunakn mesin penggendong bukan tolak. Timakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam juga pak, "mesin penggendong bukan tolak" maksudnya seperti apa maaf saya kurang paham mungkin kirim gambar atau fotonya ke email saya rifkinsan(at)gmail(dot)com barangkali saya dapat membantu.. terimaksih.

      Delete
    2. Salam kenal pak, saya mencoba mesin rumput 32cc dan kesulitan untuk memilih ratio gear ( saya coba memakai gear sepeda 12 dan belakang 42 gigi, tapi belum bisa jalan mohon penjelasan untuk ratio gear berapa yg pas dan kalau memakai CVT harga berapa ya.
      salam edi.
      edi_aris
      edi_aris@yaho.com

      Delete
    3. salam kenal juga pak, langsung saja saya coba bantu menjawab pertanyaannya, untuk gear ratio mesin rumput 32 cc andaikata bapak menggunakan ban berdiameter 10 inchi bapak dapat mencoba gear ratio minimal 1:13, memang sulit jika kita menggunakan gear sepeda saja,karena setau saya gear sepeda paling kecil itu 13 itupun jarang ada oleh karena itu bapak bisa mencoba dengan menambahkan gear dari rantai keteng mesin sepeda motor, jadi total gear ada 4 buah, 2 gear menggunakan gear yg memakai rantai keteng dan 2 gearnya lagi mengunakan gear dan rantai sepeda. usahakan gear / sprocket yg pertama itu sekecil mungkin. sebagai bahan catatan kalu saya boleh menyarankan dalam mengukur gear ratio karena kita menggunaka bahan2 yg ada maka kita jagan terpengaruh dengan jumlah gigi dari setiap gear / sproket tapi kita bisa mengukurnya dari diameter gear2 / sprocket yg kita gunakan dengan total perbandingan diameter gear ratio itu minimal 1:13. untuk informasi harga CVT bapak bisa cari di situs ebay salah satunya link ini http://www.ebay.com/itm/49cc-X1-X2-Ninja-Pocket-Bike-CVT-Transmission-Gearbox-TM03-/160724963966, karena item ini sudah mulai susah di dicarinya. semoga informasi dan jawaban dari saya cukup membantu apabila kurang mohon untuk tidak sungkan2 menanyakannya kembali.
      terimaksih.
      salam.
      rifki.

      Delete
  13. Terima kasih Mas Rifki,akan saya coba sarannya.
    klo CVT yg Mas Rifki pakai apakah bisa untuk tolong diorderkan harga berapa mas Rifki.TKS
    Salam
    edi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. sama sama pak, mengenai cvt saat ini toko yg sebelumnya saya order item tsb sudah tidak menjualnya lagi pak :( mudah2an kedepannya dia menjualnya kembali.. cvt yg saya pakai sama persis sama yg ada di ebay pak. oh iya ada informasi baru pak bila bapak berminat dengan otoped mesin yg built-up buatan cina tapi produk yg recomended bapak bisa liat link ini http://www.mandirikartukredit.com/katalogbelanja/list/category/8 (Sekuto Gasoline 49cc)..

      Delete
    3. mas bsa order cvt jg g...

      Delete
    4. klo saya mau pesan cvt lewat mas bsa g n brpa harganya...

      Delete
    5. nanti saya kabarin mas... belum saya cek lagi toko onlinenya.. mudah2an ada info terbaru.. btw saya butuh alamat email si mas kalu boleh tau..

      Delete
  14. kabarin lah gimn ukuran panjang nya rangka otopet itu ?

    ReplyDelete
  15. kabarin lah gimn ukuran panjang nya rangka otopet itu ?

    ReplyDelete
  16. Saya beli cvt mini dari ebay dan produk china tsb saya beli dari penjual usa alhasil sampai rumah hampir 2 juta rupiah....hik

    ReplyDelete
  17. Saya beli cvt mini dari ebay dan produk china tsb saya beli dari penjual usa alhasil sampai rumah hampir 2 juta rupiah....hik

    ReplyDelete
  18. Cvt saya barusan beli dari ebay usa jatuhnya mahal 1,6jt tapi mahal itu relatif sih...

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  22. Replies
    1. maaf mas baru buka blog lagi.. coba cek emailnya mas saya dah kirim info lewat email..

      Delete
  23. mas rifki setelah nemu blog ini tak sengaja, kemmudia saya telusuri link² yang di kasih.. sampe ketemu di yahoogroups, Ada yg mau ditanyain nih sebelum saya buat sendiri
    - bikin frame dulu atau beli mesinnya dulu
    - mesin tanaka itu belum termasuk sama CVT nah kalau mesin ini https://www.facebook.com/prapatanlima.motor/media_set?set=a.170396083091747.36953.100003640694800&type=1
    apakah sudah termasuk CVT saya belum lihat fisiknya jadi masih meraba.
    - nah tulisan mas rifki yang di yahoogroups mau bikin versi trial ripper 46 itu mesin Chung Yang R460-nya apa sudah termasuk cvt juga? sudah dapet barangnya, kira2 diharga berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mas mukti.. maaf baru online maksudnya buka2 lagi blog ini :D
      btw kalu menurut saya lebih baik siapkan mesinnya dulu karena mesin menentukan dudukan tempat engine mounting / dudukan mesin.. kalau mengenai cvt, semua otoped mesin / homemade goped ataupun goped sendiri semuanya adalah modifikasi atau tambahan karena cvtnya sendiri berasal dari motor trail / atv kecil ( mesin 50 cc) tidak ada otoped yg udah built-in cvt. bentuk fisik dan cara kerja cvt itu sama persis dengan yang di pakai di motor matik seperti yamaha mio, honda vario dll..
      versi trial ripper 46 belum saya bangun mas :) mesin udah ada harga dari sananya $265.00 belum ongkir dan pajak, saya sih habis 5 jutaan ;) nyampe rumah ..

      Delete
  24. #semua otoped mesin / homemade goped ataupun goped sendiri semuanya adalah modifikasi atau tambahan karena cvtnya sendiri berasal dari motor trail / atv kecil ( mesin 50 cc) tidak ada otoped yg udah built-in cvt#

    Artinya kalau melihat mesinnya motor trail yang seperti ini https://www.facebook.com/photo.php?fbid=285039051627449&set=a.170396083091747.36953.100003640694800&type=3&theater
    kemudian saya langsung aplikasikan ke frame kit-nya goped menurut prediksi mas rifki saya bisa donk langsung gas di tanjakan...dgn kata lain gk perlu mencari mesin yang terpisah

    ReplyDelete
    Replies
    1. "https://www.facebook.com/photo.php?fbid=285039051627449&set=a.170396083091747.36953.100003640694800&type=3&theater" kalu saya liat dari link yang diatas, mesin yg ada di foto tersebut belum mengunakan cvt tapi hanya menggunakan gearbox transmission. prediksi saya bisa kalu beban pengendaranya ringan misalnya anak-anak atau kurang dari 50 kg dan juga sudut kemiringan jalan yang menanjak tidak lebih dari 20 derajat tinggal disesuaikan aja ratio gear depan dan belakannya..

      Delete
  25. ane jual mesin atv,gp dan trail 49cc,,yg mau buat otoped bermesin monggo di beli,,,
    hub ane 0856-8000-332 or pin 2928f923
    thx admin

    ReplyDelete
  26. http://www.tokobagus.com/iklan/mesin-atv-gokart-gp-49cc-untuk-otoped-31194099.html

    ReplyDelete
  27. Maaf mas rifki, klo boleh tau berapa harga untuk sepasang ban ukuran 10 inchi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalu dulu masih sekitaran 150 - 200ribu sepasang komplit tinggal pasang ke rangka kalu sekarang saya kurang tau..

      Delete
  28. salam kenal semuanya.
    barang kali ada yang minat, saya punya goped sport buatan USA mesin Zenoah/komatsu ( bukan rakitan ) jika ada yang berminat dan ingin melihat foto aslinya bisa invite pin BB saya 75B8F17D no HP. 085246150852.
    Trims.

    ReplyDelete
  29. Maaf mas Rifki, klo boleh saya beli otopadnya brapa harganya?, trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mas reza, otoped yang di posting ini gaakan dijual mas soalnya otoped ini masih ada satu dan saya belum bikin lagi.., kalu si mas reza mo dibantu dibuatin saya siap bantu kontak aja ke rifkinsan(at)gmail(dot)com.

      Delete
  30. Salam kenal mas rifki, saya bagus dari denpasar. Kalau pake CVT brp top speed maximumnya? trus gear belakangnya pake punya sepeda atau gear motor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mas, top speednya kalau pake mesin 50cc bisa nyampe 65km/h tapi saya belum coba soalnya saya masih pake mesin 32cc mesin rumput trus yang saya kejar saat ini masih di maksimum torsi maksudnya otoped yang saya bikin ini buat mengatasi kelemahan mesin rumput 2tak 32cc mesin rumput yang kurang dalam melewati jalan yang menanjak. setelah memakai cvt hasilnya menurut saya sudah cukup berhasil tinggal upgrade kapasitas mesin saja. gear belakang saya pake gear depan sepeda bmx. bwt referensi si mas bisa ke link ini http://scooter.wikia.com/wiki/GTR51_CVT
      segitu dulu dari saya mas semoga bisa membantu.

      Delete
  31. mas harga mesin rumput paling murah berapa sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek di link ini mas http://www.perkakasku.com/etalase.php?pkat=PRT,KTM,PRE&urutan=harga&ascdesc=asc

      Delete
  32. ada perkembangan apa gan rifki, mesin yg R460 udah di pesen? pengen denger beritanya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh belom ada perkembangan mas, tapi kalau mesin R460 udah ada dirumah dari semenjak project ini di mulai cuma saya belum berminat buat dirakitkan aja btw mesin 2tak mesin motormini trail juga saya masih ada malahan rencana setelah ini pasang mesin motor mini dulu, btw project ini masih saya tunda dulu nunggu orang yg bener bener punya minat yg sama dengan otoped ini mas soalnya otoped mesin di indonesia belum benar benar punya peminat yg serius mas (belum bener-bener jadi komunitas penghoby)

      Delete
  33. boss saya ary dari parongpong bandung, kalo workshop nya dimana ya? saya biasa ngebangun sepeda mesin, tapi sekarang sedang akan mengerjakan otoped, syapa tau bisa sharing ilmu, ini email saya jimboyeahyeah@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. workshopnya masih dirumah aja kang, seadanya aja belom serius masih iseng-iseng saya di cicadas bandung timur alamat emailnya rifkinsan(at)gmail(dot)com
      siapa tau bisa ngebantu..

      Delete
  34. mantap
    salam kenal saya agung mas, sya punya otoped tepatnya Gscooter masalah saya ada di mekanik mas
    yaitu klo dingin sulit utk hidup, sysa punya rencana kdepannya mw bgn goped tp dwtnya blom ngumpul....hehehehehe.....tp saya suka klo bisa shering ilmu sama mas rifki

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mas agung, kalu mau sharing diblog ini boleh mas silakan, oh iya kalu masalah mesin otoped mas agung sulit idup kalu pas dingin kalu menurut saya itu memang ciri khas dari mesin 2tak. coba di cek lagi setelan karburatornya dibagian idle /langsang nya mas.. barangkali disitu masalahnya..

      Delete